Jumat, 23 November 2012

Cruyff: Messi Adalah Aset Terbaik Vilanova


Cruyff: Messi Adalah Aset Terbaik Vilanova




Johan Cruyff menyebut sukses Tito Vilanova di Barcelona sejauh ini bukan karena sang pelatih mengajarkan hal baru pada Lionel Messi, namun karena ia mampu membuat sang bintang bahagia.

Azulgrana saat ini masih menguasai puncak klasemen La Liga dan sudah memastikan diri lolos sebagai juara grup Liga Champions. Semua itu tak bida dipungkiri adalah berkat kontribusi Messi yang sudah mencetak 17 gol di La Liga dan 5 di Liga Champions sejauh ini.

"Tugas pelatih (Tito) bukanlah mengajari sepak bola pada Messi, karena Messi adalah pemain terbaiknya. Yang penting adalah Messi bahagia, sama seperti pemain lainnya. Dan Tito melakukan itu dengan sangat baik," kata Cruyff.

Pria asal Belanda itu menyebut Tito mampu menjadi seorang pelatih yang baik karena ia dulu adalah seorang pemain yang bagus pula. "Anda punya banyak hal (sebagai pelatih) yang Anda pelajari sebagai seorang pemain - menekan dan mempertahankan kerja sama tim di lapangan, misalnya," imbuh Cruyff.

Mantan legenda Ajax itu sekali lagu mengklaim Vilanova tak punya perbedaan signifikan dengan pendahulunya, Pep Guardiola. "Tito memiliki tim yang sudah tampil trengginas, namun ia menghadapi kesulitan melampaui seseorang yang sudah sangat hebat. Ia harus menghadapi itu," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar