Sabtu, 01 Desember 2012

Piala AFF: Kalahkan Laos, The Lions ke Semifinal


Kalahkan Laos, The Lions ke Semifinal


Singapura akhirnya berhasil lolos dari lubang jarum. Di laga pamungkas Piala AFF grup B, Mustafic Fachrudin dkk mampu mengalahkan Laos dengan skor 4-3.

Laos yang bertekad untuk kembali mengejutkan tampil penuh determinasi. Hasilnya pada menit ke-20 Khampheng Sayavutthi mampu membuka keunggulan Laos setelah memanfaatkan skema serangan balik yang dimotori Keoviengphet Liththideth.

Nama terakhir akhirnya mampu menggandakan keunggulan Laos pada menit ke-40. Sebuah tendangan keras Keoviengphet Liththideth tak mampu diantisipasi oleh kiper Singapura, Izwan Mahbud.

Tertinggal dua gol, Singapura meningkatkan intensitas serangan ke pertahanan Laos. Hasilnya, sebuah sundulan dari Shahril Ishak memanfaatkan umpan silang Safuwan mampu memperkecil kedudukan pada injury time babak pertama.

Di babak kedua permainan Singapura berubah. Tim asuhan Radojko Avramovic bermain lebih rapi dan menguasai pertandingan.

The Lions juga meningkatkan intensitas serangan ke jantung pertahanan Laos. Hasilnya tiga gol balasan berhasil diciptakan Singapura melalui Shahril Ishak menit ke-53, Khairul Amri pada menit ke-63 dan gol keempat pada menit ke-65 melalui Fazrul Nawaz.

Kebobolan tiga gol dalam rentang waktu yang singkat, Laos justru mengendorkan serangan. Kendurnya serangan itu berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Singapura. Namun peluang demi peluang itu gagal dimaksimalkan dengan baik oleh para pemain Singapura.

Laos justru berhasil memperkecil kedudukan pada menit ke-81 melalui tendangan penalti Khampeng Sayavuthi. Penalti diberikan wasit setelah pemain belakang Singapura menjatuhkan Ketsada yang melakukan penetrasi ke pertahanan The Lions.

Hingga pertandingan usai, skor 4-3 untuk keunggulan Singapura tetap bertahan. Hasil ini sekaligus memutus ambisi Laos untuk lolos ke semifinal. Sementara Singapura sukses membalikkan prediksi dengan menemani Malaysia lolos ke babak selanjutnya.

Susunan pemain

Laos: Sengphachan, Khamphoumy Hanvilay, Kovanh Namthavixay, Ketsada, S. Phommapanya, Keoviengphet Liththideth, Kanlaya Sysomvang, Vongchiengkham, K Sayavutthi, S. Saysana, V. Phapouvanin

Singapura: Izwan Mahbud, Baihakki Khaizan, Daniel Bennett, Safuwan Baharudin, Shi Jiayi, Shahdan Sulaiman, F. Nawaz, Fahrudin Mustafic, Shahril Ishak, Aleksandar Duric, Qiu Li 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar